PENGARUH KEDISIPLINAN, IKLIM KELUARGA, DAN GAYA BELAJAR, TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA NEGERI KELAS X DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Tiro, Arif (2021) PENGARUH KEDISIPLINAN, IKLIM KELUARGA, DAN GAYA BELAJAR, TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA NEGERI KELAS X DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Nunung Hasanah fix.docx

Download (91kB)

Abstract

PENGARUH KEDISIPLINAN, IKLIM KELUARGA, DAN GAYA BELAJAR, TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA NEGERI KELAS X DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA Arif Tiro1,a) , Rusli2,b) , dan Nunung Hasanah3,c) 1 Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar, c) Nunungn874@gmail.com Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara kedisiplinan, iklim keluarga, dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika melalui kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah keantitatif jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian 154 siswa di ambil dengan menggunakan teknik cluster proportional random sampling. Instrument yang digunakan terdiri dari angket kedisiplinan, angket iklim keluarga, angket gaya belajar, angket kepercayaan diri dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial (Analisis Jalur).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa memiliki kedisiplinan berada pada kategori sedang, iklim keluarga berada pada kategori cukup baik, kepercayaan diri berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika berada pada kategori rendah dan bergaya belajar visual (2) Kedisiplinan berpengaruh positif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (3) iklim keluarga berpengaruh positif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (4) gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (5) kepercayaan diri berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Kata Kunci : Kedisiplinan, Iklim Keluarga, Gaya Belajar, Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:57
Last Modified: 29 Mar 2021 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19753

Actions (login required)

View Item View Item