MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU MELALUI METODE DRILL PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

Riantomo, Riantomo (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU MELALUI METODE DRILL PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL RIANTOMO DEMMANGNGETUNG.pdf

Download (221kB)

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU MELALUI METODE DRILL PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR Penulis : Riantomo Demmangngetung Pembimbing I : Dr. H. Syamsuddin, M. Si Pembimbing II : Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd Email, Penulis : rian.madipala@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang anak cerebral palsy kelas IV di SD Maccini Baru Makassar yang tidak mampu memakai sepatu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru sebelum menggunakan metode drill ? 2) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru setelah menggunakan metode drill? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan memakai sepatu melalui metode drill murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru sebelum menggunakan metode drill.2) Kemampuan memakai sepatu murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru setelah menggunakan metode drill.3) Adanya peningkatan kemampuan memakai sepatu melalui metode drill murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memakai sepatu sebelum dan setelah penggunaan metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Subyek dalam penelitian ini adalah murid cerebral palsy tipe spastik kelas IV yang dimana hanya satu orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan memakai sepatu melalui metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan metode drill berada dalam kategori kurang, 2) kemampuan memakai sepatu melalui metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar setelah penggunaan metode drill berada dalam kategori baik, 3) penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:24
Last Modified: 29 Mar 2021 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item