PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VIZUALIZATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS II SD INPRES BONTONOMPO

Amrah, Amrah and Suarlin, Suarlin and Nursyamsani, Nursyamsani (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VIZUALIZATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS II SD INPRES BONTONOMPO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization dan Intellectualy) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas II SDI Bontonompo Kecamatan Bontonompo. Masalah yang menjadi dasar dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran PKn kelas II SDI Bontonompo Kecamatan Bontonompo?, dan (2) Apakah penerapan model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas II SDI Bontonompo Kecamatan Bontonompo? Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran PKn kelas II SDI Bontonompo Kecamatan Bontonompo dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization dan Intellectualy) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas II SDI Bontonompo, Kecamatan Bontonompo. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI, sedangakan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDI Bontonompo, sedangkan sampelnya adalah 15 siswa dari kelas II A sebagai kelas Eksperimen dan 15 siswa dari kelas II B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar (pretest dan posttest) dengan materi pokok Lambang Negara. Teknik analisis data ada dua yaitu Teknik Analisis Statistik Deskriptif dan Teknik Analisis Statistic Inferensial. Berdasarkan hasil Analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI di kelas II SDI Bontonompo terlaksana secara efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas II SDI Bontonompo, Kecamatan Bontonompo. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, hasil belajar, Lambang Negara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:13
Last Modified: 29 Mar 2021 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19740

Actions (login required)

View Item View Item