PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Firawati, Firawati (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SKIRPSI FIRA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Masalah yang sering didapatkan di sekolah dasar adalah guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan tidak bergairah untuk belajar. Penggunaan media akan membuat siswa lebih tertarik memerhatikan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Salah satu media yang baik digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu kartu kata bergambar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar, mengetahui bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sebelum dan setelah digunakan media kartu kata bergambar siswa kelas 1 Sekolah Dasar dan mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian PreEksperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata bergambar sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan . Jumlah populasi yaitu 16 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, treatment, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji paired sample testdengan sistem SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat diterapkan dengan baik dengan tahap yang seharusnya, kemampuan membaca permulaan siswa kelas I meningkat serta terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan membaca permulaan, Penggunaan media kartu kata bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:14
Last Modified: 25 Mar 2021 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19721

Actions (login required)

View Item View Item