ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL JL. DAENG TATA RAYA – JL. DAENG TATA III KOTA MAKASSAR

Hartono, Rudi (2021) ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL JL. DAENG TATA RAYA – JL. DAENG TATA III KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (218kB)

Abstract

ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL JL. DAENG TATA RAYA – JL. DAENG TATA III KOTA MAKASSAR ANALYSIS OF UNSIGNIFICANT JL. DAENG TATA RAYA - JL. DAENG TATA III CITY OF MAKASSAR 1)Rudi Hartono, 2)Aisyah Azis, 3)Herman 1) 2) 3) Universitas Negeri Makassar Kampus UNM Parangtambung Jln. Daeng Tata Raya, Makassar, 90224 Email: 1)rh68134@gmail.com Abstrak Simpang merupakan daerah umum dimana dua jalan atau lebih begabung atau bersimpangan, termasuk jalan dan fasilitas tepi jalan untuk pergerakan lalu lintas. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar kapasitas simpang, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian pada simpang tak bersinyal di Jl. Daeng Tata Raya - Jl. Daeng Tata III. Metode penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat deskriptif kuantitatif. Pengumpalan data dilakukan melalui pengamatan langsung dan perhitungan pergerakan lalu lintas di lapangan secara langsung. Hasil penelitian analisis kinerja simpang Jl. Daeng Tata Raya - Jl. Daeng Tata III dengan menggunakan komposisi kendaraan MKJI diperoleh nilai Kapasitas rata-rata C = 7641,8 smp/jam, Derajat Kejenuhan rata-rata DS = 0,39 , Tundaan Kendaraan rata-rata D = 8,22 det/smp dan Peluang antrian rata-rata QP% bawah 7% dan QP% atas 18%, Dari hasil tersebut tidak melebihi DS (derajat kejenuhan) berdasarkan syarat MKJI yaitu < 0,85 sehingga untuk saat ini tidak diperlukan evaluasi perbaikan simpang. Abstract Intersections are common areas where two or more roads join or intersect, including roads and roadside facilities for traffic movement. The purpose of this study aims to determine how much the intersection capacity, degree of saturation, delay and queuing opportunity at the unsigned intersection on Jl. Daeng Tata Raya - Jl. Daeng Tata III. This research method is a descriptive quantitative survey research. Data collecting is done through direct observation and direct calculation of traffic movements in the field. The results of research on the performance analysis of the intersection of Jl. Daeng Tata Raya - Jl. Daeng Tata III by using the vehicle composition MKJI obtained an average capacity value of C = 7641.8 pcu / hour, the average degree of saturation DS = 0.39, average vehicle delay D = 8.22 sec / pcu and queuing opportunities The average QP% is below 7% and QP% is over 18%. From these results it does not exceed the DS (degree of saturation) based on the MKJI requirements, namely <0.85 so that for now there is no need for an evaluation of intersection repair.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:51
Last Modified: 25 Mar 2021 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19701

Actions (login required)

View Item View Item