PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN UNTUK MEMBELI PADA UNIT USAHA KOPERASI MAHASISWA “ALMAMATER” UNM

Aris, Aris (2020) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN UNTUK MEMBELI PADA UNIT USAHA KOPERASI MAHASISWA “ALMAMATER” UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL (ARIS-1693141090).pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan untuk membeli. Penelitian ini dilaksanakan di unit usaha Koperasi Mahasiswa “Almamater” UNM dengan mengambil sampel sebanyak 130 orang yang dibagi menjadi 5 cluster terdiri dari seluruh anggota yang bertransaksi di unit usaha Koperasi Mahasiswa “Almamater” UNM dari jumlah populasi sebanyak 175 orang pelanggan setiap harinya. Variabel yang ada dalam penelitian ini terdapat 2, yakni variabel indevenden (X) diantaranya produk, harga, promosi dan lokasi dan variabel devenden keputusan pelanggan untuk membeli (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi, Linear Berganda menguji besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan untuk membeli dengan menggunakan SPSS 21 sebagai alat bantu dan Pengujian Hipotesis. Hasil penelitian setelah data diolah dengan SPSS.21 for windows menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang dapat ditunjukkan melalui persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 5,942 + 0,281 X1 + 0,165 X2 + 0,025 X3 + 0,100 X4 dan pengaruh signifikansi dengan nilai F-hitung 6,86 > F-tabel 2,44 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05. Adapun nilai R Square atau nilai koefisien determinasinya sebesar 0,180 yang artinya 18% dari variasi perubahan variabel Keputusan Pelanggan Untuk Membeli (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Produk, Harga, Promosi dan Lokasi dan sisanya 82% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Produk dan Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pelanggan Untuk Membeli pada unit usaha Kopma “Almamater” UNM dan untuk variabel Promosi dan Lokasi berpengaruh namun tidak bermakna terhadap variabel Keputusan Pelanggan Untuk Membeli pada unit usaha Kopma “Almamater” UNM. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pelanggan Untuk Membeli

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:03
Last Modified: 26 Mar 2021 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item