PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR

NUR, YULIANA (2021) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-YULIANA NUR-1692042005.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Variabel penelitian ini adalah Kreativitas Guru sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana, analisis korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y’ = 67,591 + 0,319X yang berarti kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mana tiap penambahan satu nilai kreativitas guru, maka nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan 0,319. Dari hasil analisis korelasi product moment (r) diperoleh nilai r = 0,496 yang berada pada interval 0,40 – 0,599 memiliki hubungan yang sedang antara kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil uji-t diperoleh signifikan 0,003 < 0,05 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:21
Last Modified: 24 Mar 2021 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item