Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang

Halik, Abd and Muslimin, Muslimin and Sunardi, Nurul Fakhriyah (2021) Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURUL FAKHRIYAH SUNARDI_1647140016.pdf

Download (984kB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang melalui metode DRTA. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan prasiklus kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 21 siswa yang terdri dari 4 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 74,28 untuk siklus I, dan nilai rata-rata siswa sebesar 87,14 untuk siklus II. Kemudian pada siklus I sebanyak 12 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal Sedangkan, pada siklus II sebanyak 19 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Hal ini menunjukkan keterampilan membaca pemahaman siswa khususnya dengan menggunakan metode DRTA pada siswa kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang mengalami peningkatan yang signifikan. Kata kunci: membaca pemahaman, metode DRTA, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:04
Last Modified: 23 Mar 2021 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19654

Actions (login required)

View Item View Item