FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL DALAM BELAJAR TUNE UP PADA SISWA JURUSAN TKR DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR

Sultan, Sultan (2021) FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL DALAM BELAJAR TUNE UP PADA SISWA JURUSAN TKR DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal_Sultan 1423042011.pdf

Download (922kB)

Abstract

Penelitian berbentuk penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran minat, motivasi dan kondisi lingkungan belajar siswa. melanjutkan atau mengembangkan mata pelajaran PMKR (pemeliharaan mesin kendaraan ringan) khususnya cara mengembalikan keadaan mesin kendaraan (mobil) seperti semula atau biasa disebut Tune up engine di Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Teknik Ringan (TKR) atau SMK Negeri 3 Makassar. Sampel dalam penenlitian ini sebanyak 55 orang siswa yang diambil dari dua kelas khususnya kelas XI (sebelas) yaitu XI A sebanyak 28 siswa dan XI B sebanyak 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (google format). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: 1. Tingkat minat belajar siswa dalam mata pelajaran PMKR (Pemeliharaan mesin kendaraan ringan) berada pada kategori sangat tinggi 21.82% dan pada kategori tinggi 78.18%, dikarenakan siswa memiliki bakat, tertarikan terhadap bidang otomotif, dan menyadari mempunyai bakat dalam bidang otomotif. 2. Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PMKR (Pemeliharaan mesin kendaraan ringan) berada pada kategori sangat tinggi 60%, kategori tinggi 38.18% dan pada kategori rendah 1.82%, dikarenakan siswa memiliki ketertarikan membongkar mesin kendaraan ringan khususnya roda empat, dan menyadari mempunyai kepercayaan diri dalam mengerjakan mesin mobil dan pada saat merawat mesin mobil dalam bidang otomotif. 3. Kondisi lingkungan belajar siswa dalam mata pelajaran PMKR (Pemeliharaan mesin kendaraan ringan) berada pada kategori sangat tinggi 70.90%, kategori tinggi 27.28% dan pada kategori rendah 1.82%, dikarenakan siswa merasa nyaman dengan gedung-gedung, kondisi kelas, fasilitas atau sarana prasarana dan sumber belajar terpenuhi atau layak mereka pakai dan gunakan untuk belajar. Kata Kunci: Minat belajar Siswa, Motivasi belajar Siswa, lingkungan belajar siswa dan SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:01
Last Modified: 23 Mar 2021 05:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item