PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR

Angreni, Dian (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL DIAN ANGRENI - 1592040010.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar, (2) pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar, dan (3) variabel yang pengaruhnya dominan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 makassar. Variabel yang diteliti adalah motivasi belajar sebagai variabel bebas pertama (X1), kesiapan belajar sebagai variabel bebas kedua (X2), dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 151 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis deskriptif persentase. Uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonierita, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis terdiri atas regresi linear berganda, uji t, koefisien determinasi parsial (r2 ), uji F, dan koefisien determinasi ganda (R2 ). Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperoleh model persamaan Y=63,803+0,84X1+0,189X2 yang berarti bahwa motivasi belajar dan kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mana tiap penambahan satu poin motivasi belajar dan kesiapan belajar maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan 0,84 dan 0,189. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel motivasi belajar 3,276>1,670 dan kesiapan belajar 7,426>1,670 dengan tingkat signifikan <0,05. Nilai Fhitung>Ftabel yaitu 54,889>3,15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kesiapan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan kesiapan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Serta kesiapan belajar secara dominan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,594 atau 59,4%. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,658 (65,8%). Hal ini berarti bahwa pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 65,8% sedangkan sisanya 34,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, maka hipotesis diterima. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:24
Last Modified: 23 Mar 2021 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19636

Actions (login required)

View Item View Item