Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres Banga Banga Kabupaten Barru

Tahir, Dina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Inpres Banga Banga Kabupaten Barru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen One group pretest posttest yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Inpres Banga Banga Kabupaten Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif TTW, sedangkan variabel terikatnya adalah pembelajaran bahasa indonesia mengenai keterampilan menulis karangan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SD Inpres Banga Banga Kabupaten Barru sebanyak 112 orang, sedangkan sampelnya adalah siswa siswi kelas V yang berjumlah 20 orang. Data hasil dalam penelitian ini adalah hasil dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Signifikansi diperoleh nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan ketika pretest (sebelum treatment) dan hasil postest (setelah treatment) sehingga Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran TTW terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Inpres Banga Banga Kabupaten Barru. Kata kunci : Think Talk Write, Menulis, Deskripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:01
Last Modified: 23 Mar 2021 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19631

Actions (login required)

View Item View Item