PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 8 MAKASSAR

HAYATI, HUSNUL (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 8 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL - HUSNUL HAYATI - 1692042014 -PENDIDIKAN AKUNTANSI - S1.pdf

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar, dan (3) untuk mengetahui Variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) Kemandirian Belajar sebagai variabel bebas pertama, (2) Lingkungan Belajar sebagai variabel bebas kedua, dan (3) Hasil Belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS mata pelajaran ekonomi materi akuntansi di SMA Negeri 8 Makassar sebanyak 81 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel sensus atau sampel jenuh dimana sampel diambil seluruhnya dari populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan 2 dengan menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analaisis data yang telah dilakukan, diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y=87,578+0,266X1+0,239X2 yang berarti kemandirian belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar dimana setiap penambahan 1 satuan kemandirian belajar, nilai hasil belajar mengalami peningkatan 0,266 satuan serta penambahan 1 satuan lingkungan belajar, nilai hasil belajar mengalami peningkatan 0,239 satuan. Dari analisis uji F, kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,006 <0,05. Dari hasil analisis uji t, kemandirian belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat siginifikan 0,032 <0,05 dan lingkungan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat siginifikan 0,046 <0,05. Sementara dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,122 (12,2%). Hal ini berarti bahwa pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 12,2% sedangkan sisanya 87,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneilitian ini. Serta kemandirian belajar dominan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi 0,079 atau 7,9% dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:12
Last Modified: 22 Mar 2021 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item