IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUWU TIMUR KECAMATAN MALILI

Anwar, Haerul (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 LUWU TIMUR KECAMATAN MALILI. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi manajemen berbasis sekolah pada penerepan aspek otonoi, kemandirian, partisipasi, transparansi, akuntabilitas, dan faktor-faktor yang pendukung dan penghambatnya dalam pengelolaan kurikulum di SMK Negeri 1 Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Plt. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan industri, ketua komite sekolah, dan salah satu mitra sekolah. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aspek otonomi dalam pengelolaan kurikulum di SMK Negeri 1 Luwu Timur terdiri dari beberapa dimensi yakni: (a) penerapan aspek Otonomi telah dijalankan dengan indikator sekolah membentuk tim pengembang kurikulum dengan melibatkan unsur komite sekolah dan unsur mitra sekolah dengan menjalankan peran masing-masing, sekolah menjalankan kewenangannya dalam penyusunan kurikulum dan program pengajaran sebagaimana mestinya sesuai dengan pedoman dan peraturan perundangan yang berlaku. (b) Penerapan aspek kemandirian telah dijalankan dalam mengelola dan memenuhi kebutuhan sumberdayanya baik dari segi tenaga pendidik dan pendidikannya serta sarana dan prasarananya. (c) Penerapan aspek partisipasi juga telah dijalankan dengan kehadiran komite sekolah yang dikukuhkan melalui surat keputusan kepala sekolah dan dijalankan dengan cukup baik. (d) Penerapan aspek kemitraan terlaksana dengan menggandeng dunia usaha/industri untuk terlibat dalam pengembangan pendidikan di sekolah seperti pada pelaksanaan praktek kerja industri. (e) Penerapan aspek transparansi di sekolah melalui penyediaan akses informasi berupa website sekolah serta penyediaan papan-papan informasi di sekolah. (f) Penerapan aspek akuntabilitas dijalankan melalui proses laporan pertanggungjawaban secara administratif yang dilaporkan secara berkala kepada dinas pendidikan terkait, serta pelaporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan dalam rapat laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:32
Last Modified: 22 Mar 2021 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

View Item View Item