EKSISTENSI NILAI-NILAI SOSIAL MAPPANRE TEMME’ DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR MENGAJI DI KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU

FAHMI, NURUL (2021) EKSISTENSI NILAI-NILAI SOSIAL MAPPANRE TEMME’ DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR MENGAJI DI KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURUL FAHMI.pdf

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan tradisi mappanre temme. (2) nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi mappanre temme’. Penelitian ini di lakukan di Lingkungan Polewali, Kelurahan Kiru-Kiru, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini ialah eksistensi nilai-nilai sosial mappanre temme’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk pelaksanaan dalam tradisi mappanre temme’ dimulai dari tahap persiapan yaitu menyiapkan hidangan yang akan disajikan, melaksanakan barazanji, membaca Al-Qur’an, membawa murid ke rumah guru mengaji dan doa bersama sebagai bentuk kesyukuran atas tamatnya anak membaca Al-Qur’an. (2) nilainilai sosial yang terdapat dalam proses belajar mengaji sebelum tradisi mappanre temme’ yaitu (a) nilai pendidikan, nilai ini masuk dalam sila ke 5 pancasila (b) nilai kerja sama dalam bentuk gotong royong, nilai ini masuk dalam sila ke 5 pancasila dan (c) nilai kesyukuran, nilai ini masuk dalam sila ke 1 pancasila.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:42
Last Modified: 22 Mar 2021 04:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19614

Actions (login required)

View Item View Item