Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene

Jumura, Jumura (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jumura, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Majene. Jurusan Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain faktorial 2 x 2 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah. 2) untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis. 3) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi tinggi. 4) untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, untuk peserta didik yang memiliki motivasi rendah. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan ANAVA dua jalur, menunjukkan (1) keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran bermasis masalah, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, (3) peserta didik yang memiliki notivasi belajar tinggi, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (4) peserta didik yang memiliki notivasi belajar rendah, keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci: Inkuiri, Motivasi Belajar, Ketrampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:26
Last Modified: 22 Mar 2021 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item