KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Rahman, Andi Megawaty (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Bagaimana Kompetensi Pedagogik Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengatahui gambaran kompetensi pedagogik pendidik pada pendidikan anak usia dini di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah penedekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi d dalam peneltian ini sebanyak 27 orang pendidik dan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekniksampel jenuh (saturation sampel). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif berbantuan SPSS. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulann bahwa di temukan data-data yang menunjukkan bahwa tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng telah memahami kompetensi pedagogik. Hal ini di tandai dengan Para guru memahami terkait penguasaan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, memahami terkait penguasaan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, memahami dalam mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang di ampu, memahami peneyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik, telah memahami tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik, telah memahami tentang fasilitas pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, telah memahami tentang komunikasi secara efektif, empatik, dan snatun dengan peserta didik, telah memahami tentang penyelenggaraan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, telah memahami tentang pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, dan telah memahami tentang tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Kompetensi, Pedagogik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Mar 2021 07:09
Last Modified: 19 Mar 2021 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item