PENGGUNAAN NUMBER RODS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ASLI PADA MURID TUNGARAHITA RINGAN DI SLBN 1 GOWA

FADLIA, NUR (2021) PENGGUNAAN NUMBER RODS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ASLI PADA MURID TUNGARAHITA RINGAN DI SLBN 1 GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURFADLIA (1645042006).pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini tentang rendahnya kemampuan mengenal bilangan asli pada seorang murid Tunagrahita ringan pada mata pelajaran Matematika di SLBN 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penggunaan Number Rods terhadap kemapuan mengenal bilangan asli murid Tunagrahita ringan di SLBN 1 Gowa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan mengenal bilangan asli 1-10 pada murid tunagrahita ringan kelas IV di SLBN 1 Gowa pada kondisi awal, 2) kemampuan Number Rods dalam mengenal bilangan asli pada murid tunagrahita ringan kelas IV di SLBN 1 Gowa pada kondisi intervensi, 3) kemampuan mengenal bilangan asli 1-10 melalui penggunaan Number Rods pada murid Tunagrahita ringan kelas IV di SLBN 1 Gowa pada masa jeda, 4) kemampuan mengenal bilangan asli 1-10 melalui penggunaan Number Rods pada kondisi awal ke fase intervensi dan dari fase intervensi ke masa jeda murid Tunagrahita ringan kelas IV di SLBN 1 Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid Tunagrahita ringan kelas IV di SLBN 1 Gowa yang berinisial NS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan mengenal bilangan asli subjek NS kelas IV SLBN 1 Gowa pada kondisi awal sangat rendah, berdasarkan pada kondisi (baseline 1 / A1), 2) kemampuan mengenal bilangan asli subjek NS kelas IV SLBN 1 Gowa saat diberi intervensi melalui Number Rods (intervensi/ B) kemampuan mengenal bilangan asli meningkat ke kategori tinggi setelah diterapkan Number Rods, 3) kemampuan mengenal bilangan asli subjek NS kelas IV SLBN 1 Gowa setelah diberi intervensi melalui Number Rods (baseline 2 / A2) kemampuan mengenal bilangan asli meningkat kategori rendah dibandingan kondisi baseline 1 (A1), 4) kemampuan mengenal bilangan asli subjek NS berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberikan intervensi kemampuan murid sangat rendah, meningkat ke kategori tinggi pada saat di berikan intervensi, dan dari kategori tinggi pada saat di berikan intervensi baseline 2 (A2) nilai yang diperoleh murid menurun meskipun terjadi penurunan nilai yang diperoleh subjek NS lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan intervensi. Dengan demikian kemampuan mengenal bilangan asli murid setelah diberikan intervensi tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Number Rods, kemampuan mengenal bilangan asli,Tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Mar 2021 04:06
Last Modified: 19 Mar 2021 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item