Penerapan Strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 31 Lau Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar

Nismarianna, Nismarianna (2020) Penerapan Strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 31 Lau Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1647040039_ARTIKEL_NISMARIANNA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 31 Lau Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup, hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, penilaian kemampuan membaca pemahaman dan tes akhir siswa berada pada kategori belum tuntas. Pada siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik, hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, dan penilaian kemampuan membaca pemahaman dan tes akhir siswa berada pada kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity) dengan baik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 31 Lau Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:48
Last Modified: 19 Mar 2021 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item