PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ABACUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SDN 045 SIDODADI KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWLI MANDAR

Zakaria, Ridha (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ABACUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SDN 045 SIDODADI KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWLI MANDAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL RIDHA ZAKARIA.pdf

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media abacus, serta pengaruh penggunaan media abacus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang disukainya mata pelajaran Matematika khususnya penjumlahan dan pengurangan, sehingga mengakibatkan tidak maksimalnya hasil belajar siswa yang diperoleh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana gambaran penggunaan Media abacus terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas I SD Negeri 045 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar?; (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 045 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar?; (3) Apakah terdapat pengaruh Media abacus terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas I SD Negeri 045 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan Media abacus dan hasil belajar siswa kelas I pada Mata Pelajaran Matematika dan untuk mengetahui pengaruh Media abacus terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas I SD Negeri 045 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penerapan media abacus pada proses pembelajaran menunjukkan siswa belajar lebih aktif dan memerhatikan proses pembelajaran dengan baik. Diperoleh perbandingan rata-rata nilai pretest berada pada kategori cukup, kemudian rata-rata nilai posttest berada pada kategori baik. Ada pengaruh penggunan media abacus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas I SDN 045 Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar dibuktikan dengan adanya peningkatan antara hasil belajar pretest dan posttest serta hasil analisis gain ternormalisasi diperoleh 0,4973 berada pada kategori sedang. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Abacus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:33
Last Modified: 18 Mar 2021 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item