Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Arduino Uno Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 Majene

Wahab, Abdul (2021) Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Arduino Uno Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 Majene. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABDUL WAHAB_ARTIKEL_182050801002.pdf

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Wahab, 2021. Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Arduino Uno Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X MIA MAN 1 Majene. (dibimbing oleh Helmi dan Khaeruddin). Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experimen dengan Post test-Only Control Grup Design. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat keterampilan proses sains dan kemampuan pemahaman konsep pada peserta didik yang diajar menggunakan metode praktikum berbasis Arduino Uno. Untuk tujuan tersebut maka dipilih dua kelas yaitu kelas X MIA.2 dengan jumlah sampel 22 orang dan kelas X MIA.1 dengan jumlah sampel 20 orang. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa (1) tingkat keterampilan proses sains dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas yang diajar dengan metode praktikum berbasis Arduino Uno berada pada kategori “tinggi”, dan yang diajar dengan metode praktikum KIT IPA berada pada kategori “rendah”, (2) terdapat perbedaan tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas yang diajar dengan metode praktikum berbasis Arduino Uno dan yang diajar dengan metode praktikum KIT IPA pada taraf signifikansi α = 5%. (3) terdapat perbedaan tingkat kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan metode praktikum berbasis Arduino Uno dan yang diajar dengan metode praktikum KIT IPA pada taraf signifikansi α = 5%. Kata Kunci: Arduino Uno, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:31
Last Modified: 18 Mar 2021 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19557

Actions (login required)

View Item View Item