PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (STUDI KASUS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN SINJAI)

Auliah M., Auliah M. (2021) PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (STUDI KASUS PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN SINJAI). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Auliah.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis asosiatif untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Penarikan sampel menggunakan tehnik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian memperoleh tingkat kualitas pelayanan kesehatan berada pada kategori sangat baik dengan indikator yaitu penerapan standar dan kode etik profesi dan penerapan semua peryaratan pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien rawat inap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berada pada kategori sangat puas dengan indikator prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keahlian mendapat pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan dan keamanan pelayanan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukan hipotesis yang menyatakan kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai memiliki pengaruh dengan kualitas pelayanan kesehatan. Hal tersebut menunjukkan pentingnya kualitas pelayanan kesehatan yang lebih maksimal dan sesuai dengan harapan pasien. Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:02
Last Modified: 18 Mar 2021 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19545

Actions (login required)

View Item View Item