Suarni Syam, Saguni and Nensilianti, Nensilianti (2019) Keefektifan Penerapan Media Pop Up dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” ISBN: 978-623-7496-14-4, 2019, Ruang Teater Menara Pinisi UNM.
Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019.pdf Download (588kB) |
|
Text
peer reviwer Prosiding Keefektifan Penerapan media Pop up.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen sebelum dan setelah diterapkan media pop-up serta mengetahui keefektifan hasil penggunaan media pop-up. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan satu kelompok pretes-postes (the group pretest-postest). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa nilai mahasiswa setelah menggunakan media pop up meningkat secara signifikan dibanding nilai mahasiswa sebelum menggunakan media pop up dalam menulis cerpen. diperoleh mahasiswa dalam menulis cerpen. Dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis cerpen setelah menggunakan media pop up berkembang dengan baik. Masalah yang terjadi sebelum mengunakan media pop up dapat diselesaikan dengan menggunakan media pop up. Kesimpulan penerapan media pop up dalam pembelajaran menulis cerpen efektif digunakan. Dengan demikian media visual, khususnya media pop up dapat menjadi solusi dan alternatif merancang pembelajaran menulis kreatif, khususnya menulis cerpen.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Menulis Cerpen, Media Pop Up, Efektifitas |
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 06:58 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 06:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19541 |
Actions (login required)
View Item |