Ruhana, Ruhana (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
artikelAnalisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Makassar.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis tingkat kesulitan belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes diagnostik, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 40 siswa dan merupakan sampel total. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar sangat tinggi yakni siswa yang memperoleh nilai antara 0-49 sebanyak 26 siswa yaitu sekitar 65%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yakni beberapa faktor, di antaranya faktor internal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa, 2) Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi, serta 3) Kurangnya minat belajar siswa. Adapun faktor eksternal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar dari guru serta media pembelajaran yang monoton, 2) Sarana dan prasarana sekolah, dan 3) Kurangnya penunjang belajar siswa dan kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab di luar jam pelajaran. Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 06:09 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 06:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19528 |
Actions (login required)
View Item |