Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Saleh, Ayu Pratiwi (2020) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
11. Artikel Ilmiahnya ayu (1).pdf

Download (210kB)

Abstract

AYU PRATIWI SALEH. 2020. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA Di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rapoppocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Hikmawati Usman, S. Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar SBdP pada siswa kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Pianika Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas IVA SD INPRES Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP siswa kelas IVA di SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus peelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika pada mata pelajaran SBdP. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan kelas IV A SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpula data yang digunakan ialah teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua siklus,maka hasil yang diperoleh dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik) sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup) kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan pencapaian yang telah diperoleh dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian hasil belajar pada akhir siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran, maka hasil belajar SBdP pada siswa kelas IVA SD Inpres Minasa Upa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkatkan. Kata kunci: hasil belajar, Scramble

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:07
Last Modified: 18 Mar 2021 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19527

Actions (login required)

View Item View Item