PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO

Batti, Dea Sarma (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMAHAMI BAHASA JERMAN (LESEVERSTEHEN) MELALUI TEKNIK CLOZE SISWA KELAS XI IBB SMA NEGERI 1 PALOPO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL DEA SARMA BATTI.pdf

Download (166kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca memahami melalui Teknik Cloze pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2020/2021. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan selama 2 kali pertemuan dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subjek pada pennelitian ini adalah siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data penelitian ini dibuat secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Jerman melalui Teknik Cloze dapat meningkatkan kemampuan membaca memahami siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Hal ini terbukti dengan ketuntasan nilai KKM 75, nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69,73% dengan persentase 69,73% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,73 dan persentase 79,73%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik Cloze dapat meningkatkan kemampuan membaca memahami bahasa Jerman siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Palopo. Kata Kunci: Kemampuan1 , Membaca Memahami2 , Teknik Cloze4

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 05:48
Last Modified: 18 Mar 2021 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19517

Actions (login required)

View Item View Item