Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kemandirian Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2020) Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kemandirian Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Jaringan Komputer Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Khoirunnisa.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar mata kuliah jaringan komputer pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, pengaruh kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah jaringan komputer pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, serta pengaruh fasilitas laboratorium komputer dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah jaringan komputer pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 74 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah jaringan komputer di kelas B 2017 dan kelas D 2017. Data penelitian diperoleh dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif¸ dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah jaringan komputer, terdapat pengaruh antara kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah jaringan komputer, terdapat pengaruh antara fasilitas laboratorium komputer dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah jaringan komputer. Kata Kunci : Fasilitas, Kemandirian, Hasil Belajar. Latara Belakang Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, sedangkan menurut Burhanuddin Salam (1996:5) pendidik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik elektro
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:09
Last Modified: 18 Mar 2021 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item