PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BERBASIS VIDEO TUTORIAL DI SMK

Anshar, Anshar (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BERBASIS VIDEO TUTORIAL DI SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Akhir.pdf

Download (732kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran desain gafis berbasis video tutorial yang valid digunakan di SMK, (2) Menghasilkan media pembelajaran desain gafis berbasis video tutorial yang praktis digunakan di SMK dan (3) Menghasilkan media pembelajaran desain gafis berbasis video tutorial yang efektif digunakan di SMK. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADPEP yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Evaluasi dan (5) Penyebaran. Model ini merupakan hasil modifikasi ADDIE, Borg & Gall dan ASSURE . Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul dari hasil pengembangan, penilaian validator dan hasil pengamatan melalui instrumen. Data instrumen diperoleh dari hasil uji coba produk yang terbagi dalam tiga kategori, uji coba one to one dengan subjek sebanyak tiga orang merupakan tahap pertama. Hasil revisi berdasarkan data analisis ujicoba tahap pertama selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil dengan subjek sebanyak enam orang. Ujicoba terakhir adalah uji coba diperluas yang melibatkan subjek penelitian sebanyak delapan belas orang untuk mendapatkan data akhir dari penelitan terhadap media hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil validasi ahli dengan rerata presentase 93,64% menunjukan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial di SMK berada pada kategori sangat valid; (2) Berdasarkan hasil analisis aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dengan rerata presentase 89,22%, pengembangan media pembelajaran desain grafis berbasis video tutorial berada pada kategori praktis digunakan di SMK dan (3) Hasil pengembangan media pembelajaran desain grafis berbasis video tutorial efektif digunakan di SMK berdasarkan hasil analisis respon guru dan peserta didik yang berada pada kategori sangat baik, serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Kata Kunci: Media, Pengembangan, video tutorial, valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:47
Last Modified: 18 Mar 2021 03:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item