Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Dalam Permainan Bolabasket Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMA Negeri 4 Wajo

Kamran, Kamran (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Dalam Permainan Bolabasket Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMA Negeri 4 Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (318kB)

Abstract

Kamran. 2019. Upaya meningkatkan kemampuan passing dalam permainan bolabasket menggunakan gaya mengajar divergent di SMA Negeri 4 Wajo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar, di bimbing oleh Hj. Hasmyati, (selaku Pembimbing I) dan Irvan Sir (selaku Pembimbing II). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing chestpass di SMA Negeri 4 Wajo dan mengetahui apakah gaya mengajar divergent dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar passing chest pass siswa SMA Negeri 4 Wajo pada permainan bolabasket. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII. IIS 2 dengan jumlah siswa 24 orang (Total Sampling). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan Pre Test, Tes Siklus I, Tes Siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan : Penerapan Model Pembelajaran Gaya Divergent mampu meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XII.IIS 2 SMA Negeri 4 Wajo. Peningkatan hasil belajar siswa tesebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui pemberian tes seperti Pre Test, Siklus I, dan Siklus II. Dalam proses pembelajaran pada Pre Test dengan jumlah siswa keseluruhan 24, yang tuntas sebanyak 3 orang atau 12,5 %. Dalam proses pembelajaran pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang atau 33,3%. Dalam proses pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 atau 90,5%. Dengan Metode Gaya Divergent dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran teknik passing chestpass pada siswa kelas XII.IIS 4 SMA Negeri 4 Wajo, Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : Gaya Divergent, Passing Chestpass, Bolabasket.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:07
Last Modified: 18 Mar 2021 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item