PENGARUH GAYA BELAJAR MODEL KOLB TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nurwahyuni, A.E Eka (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR MODEL KOLB TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (201kB)

Abstract

A.E Eka Nurwahyuni, Pengaruh Gaya Belajar Model Kolb Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2020, Anas Arfandi dan Taufiq Natsir. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) Gaya belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (2) Pengaruh gaya belajar diverger terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (3) Pengaruh gaya belajar assimilator terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (4) Pengaruh gaya belajar converger terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (5) Pengaruh gaya belajar accomodator terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (6) Pengaruh gaya belajar model Kolb secara bersama – sama terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 – 2017 sebanyak 256 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 36 mahasiswa memiliki gaya belajar diverger, 16 mahasiswa memiliki gaya belajar assimilator, 13 mahasiswa memiliki gaya belajar converger dan 32 mahasiswa memiliki gaya belajar accomodator. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) Tidak terdapat pengaruh antara gaya belajar diverger terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai pengaruh sebesar 1% (2) Terdapat pengaruh antara gaya belajar assimilator terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai pengaruh sebesar 11.2% (3) Tidak terdapat pengaruh antara gaya belajar converger terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai pengaruh sebesar 9,8% (4) Tidak terdapat pengaruh antara gaya belajar accomodator terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai pengaruh sebesar 1% (5) Jika dilihat secara bersama - sama terdapat pengaruh antara gaya belajar diverger, assimilator, converger dan accomodator terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai pengaruh sebesar 51,8. Kata Kunci: gaya belajar model Kobl, prestasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:01
Last Modified: 18 Mar 2021 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item View Item