DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

Wirawan, Muh. Agung and Alimuddin, Alimuddin and Asdar, Asdar (2021) DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel - Muh. Agung Wirawan (1311041009).pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memperhatikan tingkat kemampuan awal matematika siswa. Subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa dari kelas IX.k SMP Negeri 4 Sungguminasa tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara mengenai jawaban yang diberikan subjek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam menrepresentasikan masalah matematika pada meteri bangun ruang sisi lengkung berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis yang diteliti dengan subjek penelitian yaitu (1) Subjek dengan kemampuan awal matematika tinggi, dalam menyelesaikan soal subjek memenuhi keempat indikator dari kemampuan representasi matematis, yaitu kemampuan membuat gambar pola-pola geometri, kemampuan membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan menfasilitasi penyelesaian, kemampuan membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan, dan mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis. (2) Subjek dengan kemampuan awal matematika sedang, dalam menyelesaikan soal subjek memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan representasi matematis, yaitu kemampuan membuat gambar pola-pola geometri, kemampuan membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan, dan mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis. (3) Subjek dengan kemampuan awal matematika rendah, dalam menyelesaikan soal subjek memenuhi dua dari empat indikator kemampuan representasi matematis, yaitu kemampuan membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan menfasilitasi penyelesaian, dan mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan. Kata Kunci: Kemampuan representasi matematis, kemampuan awal matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Mar 2021 05:50
Last Modified: 17 Mar 2021 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item