PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI LUKIS DENGAN TEKNIK MEWARNAI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 WATAMPONE

Mansur, Muhammad Hasdin and Ahmad, Abd. Aziz and Alimuddin, Alimuddin (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI LUKIS DENGAN TEKNIK MEWARNAI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 WATAMPONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4 JURNAL.pdf

Download (412kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran seni lukis merupakan salah satu bagian dari pembelajaran seni rupa yang dideskripsikan sesuai Permendiknas No.41 Tahun 2007 meliputi empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan hasil karya seni lukis siswa di Kelas XI SMA Negeri 3 Watampone. Adapun jenis penelitiannya menggunakan metode kualitative descriptive yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang dimiliki. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 354 orang dan guru seni rupa di SMA Negeri 3 Watampone yang kemudian diambil sampel secara random (acak) sebanyak 36 orang siswa kelas XI IPA 2 dan guru seni rupa di SMA Negeri 3 Watampone. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dan Pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh guru seni lukis kelas IX SMA Negeri 3 Watampone telah sesuai dengan Standar Proses Pembelajaran yang ditetapkan dalam Permendiknas No 41 Tahun 2007 mengenai perencanaan yang meliputi penyusunan silabus dan RPP serta pelaksanaan yang diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. (2) Penilaian pembelajaran terbagi atas tiga tahap, yakni tahap apersepsi, tahap sketsa, dan tahap lukisan, dimana terjadi peningkatan jumlah siswa yang mengerjakan tugas dengan baik disertai peningkatan nilai (dari nilai 75 hingga 90), meskipun masih terdapat beberapa siswa yang tidak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. (3) Terdapat 2 objek gambar yang digunakan siswa IX IPA 2 SMA Negeri 3 Watampone, yaitu objek gambar flora dan fauna, dimana siswa cenderung melukis objek flora dikarenakan motifnya yang cantik dan terkesan indah. Kata Kunci: seni lukis, pembelajaran, teknik mewarnai

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:51
Last Modified: 17 Mar 2021 04:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item View Item