KUALITAS PELAYANAN APLIKASI E-KLAIM PROGRAM JAMINAN HARI TUA (JHT) di BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PT. SARI AGROTAMA PERSADA)

Anggraini, Mufti (2021) KUALITAS PELAYANAN APLIKASI E-KLAIM PROGRAM JAMINAN HARI TUA (JHT) di BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PT. SARI AGROTAMA PERSADA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL MUFTI ANGGRAINI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Kualitas Pelayanan Aplikasi e-Klaim Program Jaminan Hari Tua (JHT) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kota Makassar (Studi Kasus PT. Sari Agrotama Persada) serta faktor apa saja yang yang menghambat pelayanan terhadap peserta dalam penggunaan aplikasi e-klaim. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan klaim peserta badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan dapat dilihat dari lima indikator kualitas pelayanan yaitu : Tangibles (Berwujud) sudah baik. Assurance (Jaminan) sudah terlaksana dengan baik dan Emphaty (Empati) sudah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan pada indikator Reliability (Kehandalan) belum terlaksana dengan baik dan Responsiveness (Respon/Ketanggapan) belum terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tiga dari lima indikator kualitas pelayanan sudah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi kualitas pelayanan, sedangkan dua diantaranya masih belum terlaksana dengan baik karena masih adanya tenaga kerja yang kurang memahami tentang pengajuan klaim secara online sehingga pelayanan terhadap peserta pengguna aplikasi menjadi kurang efektif serta kurangnya informasi yang diterima oleh sebagian peserta mengenai aplikasi e-kliam ini dalam hal antrian online sehingga menyebabkan penumpukan antrian pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Aplikasi e-Klaim

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:36
Last Modified: 17 Mar 2021 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19451

Actions (login required)

View Item View Item