Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Muatan Pelajaran PA Kelas IV SD Negeri 005 Rantebuda Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa

Novita, Novita (2020) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Muatan Pelajaran PA Kelas IV SD Negeri 005 Rantebuda Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NOVITA.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada muata pelajaran IPA dan perubahannya melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 005 Rantebuda Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena dalam pendekatan ini, peneliti menggunakan observasi untuk melihat gambaran seluruh aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi.Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Mamasa Kecamatan Mamasa dengan subjek penelitian adalah 15 siswa yang terdiri dari 9 putra dan 6 putri. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil observasi, dan dokumentasi.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila peserta didik memperoleh capaian dikategorikan cukup. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa siklus I dalam kategori baik sedangkan pada siklus II dalam kategori baik. Demikian pula dalam aktivitas mengajar guru pada siklus I pada kategori baik dan pada siklus II dikategorikan baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan berpikir tingkat siswa pada muatan pelajaran IPA, pada siklus I berada pada kategori baik, sedngkan pada ssiklus II pncapaian ketuntasan keampuan berpikir tingkat tinggui siswa berada pada kategori sengat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada muatan pelajaran IPA pada kelas IV SD Negeri 005 Rantebuda Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:07
Last Modified: 17 Mar 2021 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item