STUDI PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) TERPUSAT DI PULAU LIUKANG LOE DESA BIRA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

Yudistira, Syahrial (2021) STUDI PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) TERPUSAT DI PULAU LIUKANG LOE DESA BIRA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Syahrial Yudistira.pdf

Download (316kB)

Abstract

Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar syahrial.yudistira@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perencanaan dan kelayakan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat di pulau liukang loe desa bira kecamatan Bontobahari kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Pengolahan data yang diperoleh dengan menghitung dan menganalisis insolasi matahari harian dan temperatur serta kebutuhan energi listrik harian. Setelah pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan perencanaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat, dengan kebutahan energi listrik harian sebesar 150,8 kWh/hari dengan jumlah pelanggan yang tersambung sebanyak 266 pelanggan dengan insolasi matahari sebesar 4,63 kWh/m2/hari dan temperatur rata-rata harian 27,5oC energi listrik yang dibangkitkan sebesar 36,4 kWp. Komponen utama pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat yaitu: modul surya, batteray, MPPT dan inverter. Perkiraan biaya yang diperlukan untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat di kecamatan bontobahari kabupaten bulukumba sebesar Rp. 3.220.993.745 dengan suku Bunga 5% diperoleh biaya energi Rp. 2.637/kWh dengan Net Present Value (NPV) 1.873.787.534 dan Profibility Index (PI) 1,58. Kata kunci : Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:03
Last Modified: 17 Mar 2021 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19441

Actions (login required)

View Item View Item