Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Tipe Think Talk Write dalam Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Makassar

Kamal, Andi Inayatul (2021) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Tipe Think Talk Write dalam Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (500kB)

Abstract

ABSTRAK Andi Inayatul Kamal. 2021. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dan Tipe Think Talk Write dalam Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Makassar”. (Dibimbing oleh Ambo Dalle dan Munirah). Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Makassar dengan menggunakan model mind mapping; (2) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen peserta didik ke XI SMA Negeri 5 Makassar dengan menggunakan model think talk write; (3) memperoleh data model yang lebih efektif digunakan dalam keterampilan menulis cerpen kelas XI SMA Negeri 5 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desaign. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Makassar yang berjumlah 345 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 68 peserta didik dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis cerpen kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 5 Makassar dengan menggunakan model mind mapping termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90; (2) keterampilan menulis cerpen kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Makassar dengan menggunakan model think talk write termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 86; (3) model mind mapping lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Makassar. Hal ini dibuktikan dengan uji-t diketahui nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel atau (5,307> 1,99), sehinnga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Keefektifan, model mind mapping, model think talk write, menulis cerpen

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:12
Last Modified: 17 Mar 2021 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19432

Actions (login required)

View Item View Item