ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU 两 [liǎŋ] DAN二 [ɚ] ( DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMA ATHIRAH 2 MAKASSAR

i Dini, Citra Hardiant (2021) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU 两 [liǎŋ] DAN二 [ɚ] ( DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMA ATHIRAH 2 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Citra Hardianti Dini Mandarin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI SMA Islam Athirah 2 Makassar dalam penggunaan kata bantu两 [liǎŋ] dan 二 [ɚ] dalam bahasa Mandarin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes penggunaan kata bantu两 [liǎŋ] dan 二 [ɚ]. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Ellis dalam Tarigan. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Islam Athirah 2 Makassar yang terdiri dari 9 siswa sekaligus sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik Total Sampel. Data Penelitian ini bersumber dari analisis kesalahan penggunaan kata bantu 两 [liǎŋ] dan 二 [ɚ]. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata bantu两 [liǎŋ] dan 二 [ɚ] sebanyak 67 total kesalahan. Kesalahan penggunaan kata bantu两 [liǎŋ] sebanyak 33 total kesalahan atau 49,25% yang termasuk kategori kurang dan kesalahan penggunaan kata bantu 二 [ɚ] sebanyak 34 total kesalahan atau 50,75% yang berada ditingkat kesalahan kategori kurang. Keywords: Analisis Kesalahan, Kata Bantu两[liǎŋ], 二 [ɚ], Bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Mandarin
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:02
Last Modified: 26 Mar 2021 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item View Item