Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Menumbuhkemabangkan Sikap Percay Diri Peserta Didik Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 30 Panaikang KecamatanMinasatene Kabupaten Pangkep

Anggreani, Sri Rezki (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Menumbuhkemabangkan Sikap Percay Diri Peserta Didik Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 30 Panaikang KecamatanMinasatene Kabupaten Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SRI REZKI ANGGREANI-dikonversi.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkembangkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 30 Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penetelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan 15 peserta didik kelas V SDN 30 Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dan sikap percaya diri peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi sikap percaya diri peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus I ketuntasan sikap belum tercapai dengan maksimal. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik, sehingga ketuntasan sikap percaya diri telah berhasil dan model pembelajaran problem based learning dapat menumbuhkembangkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 30 Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:40
Last Modified: 16 Mar 2021 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item