HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD GUGUS VI KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE

Halim, Anita Asmuliah (2021) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD GUGUS VI KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS.pdf

Download (255kB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar e-mail: anita.asmuliah16@gmail.com Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional yang bertujuan Untuk mendiskripsikan ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar tematik siswa kelas III SD gugus VI Kecamatan sibulue Kabupaten Bone.Variabel X dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas sedangkan variabel Y dalam penelitian ini adalah hasil belajar.Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah yang ada pada Gugus VI Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone pada tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 5 sekolah yang diteliti.Sampel dalam penelitian berjumlah 31 siswa.Data hasil penelitian diperoleh melalui angket dan data nilai hasil UTS siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh thitung sebesar 2,71dan ttabel sebesar 1.69913. Ternyata harga thitung lebih besar dari harga ttabel dengan demekian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubunga yang signifikan antara Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Tematik Siswa kelas III SD Gugus VI Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Kata kunci :Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:25
Last Modified: 16 Mar 2021 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19422

Actions (login required)

View Item View Item