PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA SMKN TAPANGO

Hilda, Hilda (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA SMKN TAPANGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL HILDA.pdf

Download (215kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN Tapango dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus dan posttest pada akhir siklus serta observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai awal atau hasil pretest siswa yang tergolong pada kategori tuntas hanya 2 siswa atau 10% dan 18 siswa berada pada kategori tidak tuntas atau 90%. Pada Siklus I siswa yang tergolong pada kategori tuntas sebanyak 12 siswa atau 60% dan 8 orang siswa pada kategori tidak tuntas atau 40%. Setelah melakukan refleksi tindakan Siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat yaitu sebanyak 19 siswa berada pada kategori tuntas atau 95% dan 1 siswa yang tergolong pada kategori tidak tuntas atau 5%. Kata Kunci: Metode pembelajaran, Hasil Belajar,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2021 05:07
Last Modified: 16 Mar 2021 05:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19414

Actions (login required)

View Item View Item