PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (TARI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 1 BENTENG KAB KEP SELAYAR

TASLIM, ERLITASARI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (TARI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 1 BENTENG KAB KEP SELAYAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal PDF Erlitasari Taslim.pdf

Download (424kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua), pertama (1) penerapan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran Seni Budaya (Tari) untuk meningkatkan keterampilan menari siswa yang kedua (2) peningkatan keterampilan menari siswa setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI. Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama (1) mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keterampilan menari siswa dan yang kedua (2) mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menari siswa setelah penerapan model pembelajaran SAVI. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitiannya berbentuk siklus. Terdapat dua siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes (siklus I dan siklus II). Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa indikator peningkatan keterampilan untuk mengetahui peningkatan nilai siswa setelah diberikan tindakan. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) Proses penerapan model pembelajaran SAVI yang dapat meningkatkan keterampilan menari siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Benteng yang dilakukan dengan dua cara yakni pada siklus I peneliti serta siswa sebagai pusat dan pada siklus II siswa sebagai pusat. Hasil penelitian kedua (2) dari hasil pengamatan peneliti pada siswa mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan rata�rata tiap siklusnya mulai dari nilai awal yaitu dengan rata-rata 46, pada siklus 1 dan 79 pada siklus 2 yaitu 91. Perbandingan nilai rata-rata hasil antara nilai awal dan nilai siklus 1 yaitu 33 dan perbandingan antara siklus 1 dan siklus 2 yaitu 12.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:02
Last Modified: 26 Mar 2021 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19395

Actions (login required)

View Item View Item