Sahade, Sahade and A. Ngampo, M. Yusuf (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XII IPS SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20 (1). pp. 54-60. ISSN 2621-6744
Text
Jurnal Insani Vol. 20 No. 1, Juni 2017.pdf Download (499kB) |
|
Text
peer reviewer jurnal Insani vol 20 no 1, juni 2017.pdf Download (589kB) |
|
Text
peer reviewer INSANi vol 20 no 1 Juni 2017 (pak yusuf).pdf Download (640kB) |
Abstract
Abstrak Peneliti menggunakan metode kuasi eksperimental. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Populasi pada penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis melalui versi SPSS 20.0. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menerapkan model discovery learning pada kelas eksperimen I dan Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen II. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes tulis dan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dalam tiga domain, yaitu: kognitif, psikometrik, dan afektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), Model Discovery Learning, dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 14:07 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 16:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19383 |
Actions (login required)
View Item |