PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 ENREKANG

MASNAH, MASNAH (2021) PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 ENREKANG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
4. ARTIKEL.docx

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik yang berkembang dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Enrekang pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021dengan menggunakan 2 kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan pendekatan keterampilan proses sains dan kelas kontrol yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Pada masing-masing kelas diberikan tes awal berupa kuisioner sikap ilmiah untuk dapat mengelompokkan peserta didik kedalam kelompok dengan sikap ilmiah tinggi dan kelompok sikap ilmiah rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan program SPSS v22,0 terhadap hasil belajar (postest) keterampilan proses sains diperoleh 1)Terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses sains dan diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Fhitung 24,935 > Ftabel 2,43 dan taraf signifikansi lebih kecil dari 5%, 2)Tierdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika peserta didik berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung 3,963 > 2,57 Ftabel dan signifikansi lebih kecil sama dengan dari 5%.Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : sikap ilmiah, pendekatan keterampilan proses sains, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:08
Last Modified: 10 Mar 2021 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19381

Actions (login required)

View Item View Item