hasmawati, hasmawati (2021) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 3 LUWU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
JURNAL HASMAWATI.pdf Download (434kB) |
Abstract
.lrp@gmail.com ABSTRAK: Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Ekperiment menggunakan desain faktorial 2x2 yang bertujuan untuk: (1) Menganalisis secara keseluruhan perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar melalui pendekatan saintifik dan diajar melalui pendekatan guided learning pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (2) Menganalisis secara keseluruhan, pengaruh interaksi antara pendekatan saintifk dan kemampuan melakukan praktikum terhadap hasil belajar fisika praktikum pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (3) Menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar dengan pendekatan saintifik dan yang diajar melalui pendekatan guided learning untuk kemampuan melakukan praktikum yang tinggi pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; dan (4) Menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar dengan pendekatan saintifik dan yang diajar melalui pendekatan guided learning untuk kemampuan melakukan praktikum yang rendah pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Luwu pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel dua kelas, yaitu X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan guided learning pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (2) Secara keseluruhan, tidak ada pengaruh interaksi antara pendekatan dan kemampuan melakukan praktikum terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan guided learning pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu berdasarkan kemampuan melakukan praktikum tinggi; dan (4) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 07:05 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 07:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19380 |
Actions (login required)
View Item |