PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 3 LUWU

hasmawati, hasmawati (2021) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 3 LUWU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL HASMAWATI.pdf

Download (434kB)

Abstract

.lrp@gmail.com ABSTRAK: Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Ekperiment menggunakan desain faktorial 2x2 yang bertujuan untuk: (1) Menganalisis secara keseluruhan perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar melalui pendekatan saintifik dan diajar melalui pendekatan guided learning pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (2) Menganalisis secara keseluruhan, pengaruh interaksi antara pendekatan saintifk dan kemampuan melakukan praktikum terhadap hasil belajar fisika praktikum pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (3) Menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar dengan pendekatan saintifik dan yang diajar melalui pendekatan guided learning untuk kemampuan melakukan praktikum yang tinggi pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; dan (4) Menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar dengan pendekatan saintifik dan yang diajar melalui pendekatan guided learning untuk kemampuan melakukan praktikum yang rendah pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Luwu pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel dua kelas, yaitu X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan guided learning pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (2) Secara keseluruhan, tidak ada pengaruh interaksi antara pendekatan dan kemampuan melakukan praktikum terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan guided learning pada peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 3 Luwu berdasarkan kemampuan melakukan praktikum tinggi; dan (4) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:05
Last Modified: 10 Mar 2021 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19380

Actions (login required)

View Item View Item