PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 WAJO

Suriyati, Andi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 WAJO. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (251kB)

Abstract

suriyatiandi5844@gmail.com Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran fisika berbasis masalah dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir divergen peserta didik pada kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Wajo. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yakni model pmebelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas, minat belajar sebagai variabel moderator dan kemampuan berpikir divergen sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Wajo tahun pelajaran 2020/2021, sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain bentuk perlakuan bertingkat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir divergen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa rata – rata skor kemampuan berpikir divergen peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai P = 0,001 lebih kecil dari  = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran fisika berbasis masalah dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir divergen peserta didik pada materi pokok Fluida Statis dan Fluida Dinamis. Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, minat belajar , kemampuan berpikir divergen

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:52
Last Modified: 10 Mar 2021 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19377

Actions (login required)

View Item View Item