HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PANGKEP

Nurdiana, Nurdiana (2021) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PANGKEP. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL NURDIANA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK NURDIANA, 2020. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep (dibimbing oleh Helmi dan Khaeruddin) Penelitian ini adalah penelitian Expost-facto bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar Fisika dan gaya belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep; (2) mendeskripsikan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep untuk gaya belajar auditorial; (3) mendeskripsikan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep untuk gaya belajar visual; (4) mendeskripsikan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep untuk gaya belajar kinestetik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan analisis hubungan (korelasi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Pangkep Tahunn Ajaran 2019/2020, terdiri dari 4 kelas dengan jumlah populasi 113 peserta didik dan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi peserta didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik Purposive sampling yaitu dengan penentuan sampel berdasarkan pertimbangan terntentu yaitu berdasarkan tujuan penelitian. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statisti deskriptik dan inferensial. Hasil analisis deskriptik diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis dalam kategori tinggi sedangkan hasil belajar fisikan peserta didik dala kategori sedang ditinjau dari gaya belajar. Analisis infrensial menunjukkan bahwa Keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep untuk gaya belajar auditorial memiliki hubungan positif; keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep untuk gaya belajar visual memiliki hubungan positif; keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pangkep untuk gaya belajar kinestetik memiliki hubungan positif. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh. Kata Kunci : Hasil Belajar Fisika, Keterampilan Berpikir Kritis, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:39
Last Modified: 10 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19374

Actions (login required)

View Item View Item