PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 WAJO

yafriani, yafriani (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 WAJO. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL SYAFRIANI.pdf

Download (280kB)

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan secara keseluruhan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, (3) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik dengan kemampuan penalaran matenatis rendah, (4) menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Wajo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dengan menggunakan rancangan factorial 2 x 2. Penelitian ini melibatkan dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu lagi sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan treatmen yaitu menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan pada kelas kontrol tetap diajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Wajo yang terdiri dari 2 kelas dengan junlah peserta didik secara keseluruhan adalah 56 orang, dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memiliki rata – rata skor 17,89 sedangkan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata – rata skor 16,32, (2) bagi peserta didik dengan tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) bagi peserta didik dengan tingkat kemampuan penalaran matematis rendah, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional,(4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis terhadapa hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Wajo tahun pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Berbasis Masalah, Konvensional, penalaran, matematis, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:26
Last Modified: 10 Mar 2021 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19372

Actions (login required)

View Item View Item