PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PELINDO IV (PERSERO) CABANG TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR

amaliah, Nur (2021) PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PELINDO IV (PERSERO) CABANG TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Nur amaliah.pdf

Download (861kB)

Abstract

Abstrak: Pengaruh Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. PELINDO IV (Persero) Cabang Terminal Petikemas Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Karyawan pada PT. PELINDO IV (Persero) cabang Terminal Petikemas Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT. PELINDO IV (Persero) cabang Terminal Petikemas Makassar sebanyak 126 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik stratified random sampling, sehingga didapatkan 55 orang yang dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh menggunakan tekhnik wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian setelah data diolah dengan SPSS.21 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia (X) terhadap variabel Motivasi Kerja Karyawan (Y), yang dapat ditunjukkan melalui persamaan regresi sederhana yakni Y = 16,193 + 0,510, dan berpengaruh signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 4,042 > t-tabel 1,674 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun nilai R Square sebesar 0,236 angka ini menunjukkan bahwa variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia pada penelitian ini memberikan kontribusi pengaruh sebesar 23,6% adapun sisanya sebesar 76,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci : pengembangan sumber daya manusia, motivasi kerja karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 05:18
Last Modified: 10 Mar 2021 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item