HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SD NEGERI PAI KOTA MAKASSAR RELATIONSHIP USING GADGETS AND LEARNING MOTIVATION WITH RESULTS OF STUDENTS 'SCIENCE STUDENTS IN PAI MAKASSAR CITY

HAMZAH, JENI (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SD NEGERI PAI KOTA MAKASSAR RELATIONSHIP USING GADGETS AND LEARNING MOTIVATION WITH RESULTS OF STUDENTS 'SCIENCE STUDENTS IN PAI MAKASSAR CITY. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL JENI.pdf

Download (756kB)

Abstract

PASCASARJANA UNM JENI HAMZAH jenihamzah81@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) mengetahui gambaran penggunaan gadget dalam pembelajaran IPA siswa di SD Negeri PAI Kota Makassar; (ii) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di SD Negeri PAI Kota Makassar; (iii) mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa di SD Negeri PAI Kota Makassar; (iv) mengetahui hubungan penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa di SD Negeri PAI Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri PAI Kota Makassar tahun ajaran 2019/2020 dengan Jumlah siswa 55 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 48 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget pada pembelajaran IPA siswa di di SD Negeri PAI Kota Makassar didominasi pada kategori sedang. Motivasi belajar pada pembelajaran IPA siswa di di SD Negeri PAI Kota Makassar didominasi pada kategori tinggi. Hasil belaja pada pembelajaran IPA siswa di di SD Negeri PAI Kota Makassar didominasi pada kategori tinggi. Ada hubungan antara penggunaan gadget dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan terhadap hasil belajar IPA siswa di SD Negeri PAI Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:35
Last Modified: 10 Mar 2021 04:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item