HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS 18 KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Yusriani, Yusriani (2021) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS 18 KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (158kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan 1) Untuk Mengetahui gambaran lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus 18 Kecamatan Lilirilau kabupaten Soppeng, 2) Untuk mendeskripsikan hubungan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus 18 Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 18 Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 50 siswa. pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sehingga sampel yang diambil berjumlah 50 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan pengumpulan data yaitu berupa angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung 3,77 ≥ ttabel 1,67722. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Gugus 18 Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: Lingkungan belajar di sekolah, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:27
Last Modified: 10 Mar 2021 04:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item