PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 72 LAMURUKUNG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE

Hasriani, Hasriani (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 72 LAMURUKUNG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE.pdf

Download (73kB)

Abstract

Hasriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar e-mail: hasrihasriani16@gmail.com Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 72 Lamurukung Kcamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Fokus penelitian ini adalah media pembelajaran Puzzle dan hasil belajar siswa. Deskripsi fokus dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah Siswa 10 siswa yang terdiri dari 4 laki- laki dan 6 perempuan. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Meningkatnya proses dan hasil belajar siswa kelas V, terbukti bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi kualifikasi baik (B) pada siklus II. Kesimpulan adalah media pembelajaran puzzle meningkatkan hasil belajar tematik kelas V SDN 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattenge Kabupaten Bone. Kata Kunci : Media Puzzle dan hasil belajar tematik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:25
Last Modified: 10 Mar 2021 04:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item